Rabu, 14 Oktober 2015

Sambal Hijau Padang ala de51

Yang paling desi sebel ketika merencanakan suatu kegiatan adalah mundurnya jadwal acara tersebut. Sehingga jadwal acara lain yang udah dipersiapkan agar desi bisa ikutan kedua acara tersebut, akhirnya jadi bentrok 
Dan hal ini terjadi ketika raker myQuran di Ciwidey, yang harus bentrok dengan rencana naik gunung.
Sebenarnya udah dari jauh-jauh hari desi dan teman-teman ngerencanain naik ke Gede di tanggal B karena direncanakan raker myQuran akan dilaksanakan di tanggal A. Eh mendekati kedua hari tersebut, tiba-tiba pelaksanaan rakernya dirubah menjadi tanggal B.
Tentu saja desi lebih memilih untuk tetap ikutan naik gunung. Bagaimanapun kan udah janji. Walaupun sebenernya desi udah pernah juga sih ke Gede. Sebagai permintaan maaf karena ngga ikutan raker, desi pun menawarkan untuk ngebuatin sambal ijo Padang ala de51.
Pas nawarin sih kepikiran buat beli cabe ijo 1/4 kg. Eh ternyata teman-teman yang lain antusias dan minta dibuatin 2 kg Karena ekspresi teman-teman yang happy banget sewaktu desi bilang mau buatin sambalnya, desi pun ngga tega untuk nolak permintaan 2 kg itu.

Berikut bahan-bahan yang desi beli untuk request sambel hijau
- Cabe Hijau 2 kg
- Cabe Rawit Merah 1/4 kg
- Bawang Merah 1/2 kg
- Tomat 1/2 kg
- Teri Putih yang kecil 1/4 kg
- Minyak Goreng 2 l
- Garam dan penyedap secukupnya




Sebenernya cabe rawit merah, request dari teman. Biar pedes katanya, jadi yang ngambil sedikit-sedikit. Haha dasar.. padahal udah seabrek-abrek gini bikinnya.
Setelah nyobain ulegkan pertama dengan ditambahin sedikit cabe rawit merah ternyata pedasnya ngga ketulungan, akhirnya cabe rawit merahnya desi singkirkan.
Karena menurut desi, sambal ijo itu punya ciri khas karena ketidak pedasannya. Penggunaan tomat dan bawang merah yang berlimpah, membuat sambalnya ngga pedas dan bikin pengen nambah terus.

Cara membuat
1. Goreng cabe hijau, tomat dan bawang merah
2. Uleg kasar cabe, tomat dan bawang tersebut. Disini effort yang paling besar dalam pembuatan sambal, apalagi kalau cabenya 2 kg 
3. Goreng sebentar terinya.
4. Campur teri, sambal yang sudah diuleg, garam dan penyedap.

Udah jadiii. Gampang kan. Selamat mencoba ya 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar