Senin, 09 Desember 2013

Google Memperingati 107 Tahun Grace Hopper Dengan Doodle Khusus


Hari ini, Google secara khusus membuat Google Doodle untuk memperingati tanggal kelahiran Grace Hopper. Grace Hopper adalah Laksamana Angkatan Laut AS yang juga merupakan ilmuwan besar di bidang komputer. Semasa hidupnya Grace Hopper menerima sekitar 40 gelar kehormatan dari berbagai universitas di seluruh dunia.
Grace Hopper dikenal sebagai orang yang mempopulerkan istilah bug dan debugging. Dan merupakan pelopor dari bahasa pemrograman komputer modern COBOL, yang merupakan bahasa pemrograman komputer generasi ketiga.


Sebelum menciptakan COBOL, Hopper juga memimpin tim dalam membuat dua bahasa pemrograman komputer pertama, yakni MATH-MATIC (A-O Compiler) dan FLOW-MATIC (B-O Compiler).
Grace Hopper lahir di New York, AS, pada 9 Desember 1906. Pada usia 23 tahun Grace Hopper sudah mendapatkan gelar master dalam bidang matematika di Universitas Yale.
Pada tahun 1943, ketika perang dunia kedua pecah, Hopper memutuskan untuk bergabung dengan angkatan laut Amerika Serikat. Tugas pertama Hopper saat itu adalah menjadi salah satu programmer untuk komputer generasi pertama MARK I. Beliau juga sukses menciptakan aplikasi pemrograman yang berjalan diatas MARK I, MARK II, dan MARK III.
Pada tahun 1949, Hopper bergabung dengan Perusahaan Komputer Euckert- Mauchly. Di perusahaan ini, Hopper berperan besar dalam pengembangan UNIVAC I, komputer digital elektronik pertama pada saat itu.
Di penghujung tahun 1949, Hopper bersama rekan-rekan programmernya menciptakan compiler pertama yang diberi nama A-O Compiler. A-O adalah rangkaian kompiler yang dapat menerjemahkan kode matematika simbolik menjadi kode komputer (machine code).
Setelah menyesuaikan A-O Compiler, Hopper mulai merancang B-O Compiler  pada UNIVAC. Dengan B-O Compiler, Hopper dan para staff nya berhasil membuat UNIVAC I dan UNIVAC II mengerti dan mampu menerjemahkan 20 statement yang ditulis dalam bahasa Inggris.
Pada tahun 1959, Hopper berhasil menciptakan COBOL, singkatan dari Common Business Oriented Language. COBOL merupakan bahasa pemrograman modern pertama dan menjadi dasar bagi bahasa pemrograman modern lainnya.
Grace Hopper meninggal pada 1 Januari 1992 di Virginia, AS, dalam usia 85 tahun. Namanya diabadikan sebagai nama kapal perang milik Angkatan Laut AS yakni USS Hopper (DDG-70).
Nama Hopper juga diabadikan untuk superkomputer milik NERSC (National Energy Research Scientific Computing Center) dan nama ruang belajar di Chalmers University of Technology di Gothenburg, Swedia.
Untuk mengetahui kisah-kisah pakar teknologi lainnya bisa dibaca di Jendela Tekno.
Sumber: jendelatekno

Tidak ada komentar:

Posting Komentar