Rabu, 15 Agustus 2012

Brownies Kukus Ny. Liem ala de51

Puasa-puasa ngomongin kue. Ga pa-pa deh ya soalnya lagi pengen bikin tag resep buat blog lama yang jadi rumah baru. 

Salah satu kue yang paling sering saya buat adalah brownies kukus yang mengambil resep dari Ny. Liem. Tapi resep ini sudah saya modifikasi sendiri ukuran, bahan dan teknik pembuatannya.

Saya biasanya menggunakan 1/2 resep dari resep Ny. Liem karena punya tempat kukusan yg kecil 

Penggunaan minyak, saya ganti margarine yg dicairkan. Penggunaan Susu Kental Manis dan garam dihilangkan. Penggunaan gula juga dikurangi, kalau sesuai resepnya sih menurut saya kemanisan. Dan saya terlalu malas untuk misah2 adonan.. jadinya saya campur aja semua jadi satu kekeke 


Tapi tenang.. walau adonannya ga dipisah2.. brownies hasil modifikasi ini tetap yummy dan enak untuk dimakan. Kali ini akan saya postingkan cara yang biasa saya lakukan dengan bahan-bahannya yang biasa saya gunakan tetapi ukurannya ukuran 1 resep. Karena kebetulan fotonya diambil pas buat brownies ditempat kakak yang punya kukusan lumayan gede.

Bahan-bahan

1. Telur 6 butir
2. Gula 200 gram (kalau resep aslinya 225 gr, tapi kemanisan menurut saya.. mungkin efek dari yg bikin manis ngkali )
3. Vanili  1/2 sdt teh 
4. Emulsifier (biasanya pake TBM) 1 sdt teh

5. Terigu 125 gram, aduk rata dg coklat bubuk (seharusnya sih di ayak dulu, tapi malas buat ngayaknya )
6. Coklat bubuk 50 gram, aduk rata dg terigu
7. Margarine yang dicairkan 175 ml (kalau resep aslinya sih pake minyak goreng, tapi saya lebih seneng pake margarine. Terus kalau di resep aslinya ada tambahan garam 1/2 sdt juga saya hilangkan)
8. Dark Cooking Chocolate (DCC) 100 gram, lelehkan, campur dgn margarine yang dicairkan
9. Keju parut buat topping

Kalau di resep Ny Liem ada tambahan Susu Kental Manis 75 ml. Karena ada pemisahan adonan menjadi 3 bagian, yang 1 bagiannya ditambahin SKM ini. Tapi berhubung saya cuma buat 1 adonan aja, jadi SKM ini saya hilangkan. Lumayan ngirit juga 

Petunjuk



Kocok telur dan gula hingga mengembang, masukkan campuran tepung terigu dan cokelat bubuk. Aduk perlahan hingga rata. Masukkan campuran margarine dan DCC, aduk hingga rata. Masukkin loyang yang udah diberi mentega dan terigu sebelumnya. Kukus selama 30 menit. Angkat, abis itu dikasih topping keju. Terus dimakan pas anget2... mmmm enaaak.. 

2 komentar:

  1. wah suka masak ya mba, sama kayak mba syifa heheh salam kenal,, btw chatboxnya kok nggak kelihat kodenya,, dihilangin aja mba ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. suka masak kuyg sederhana2 aja mba :D
      salam kenal ya makasih dah berkunjung

      kalau saya sih keliatan dan jalan normal shoutboxnya
      tp nanti di cek lagi deh
      makasih infonya

      Hapus