
http://unduh.apadong.com/download.php?file=Rekaman_Adam_Air.zip
Sebuah rekaman percakapan terakhir antara awak pesawat AdamAir PK-KKW bernomor penerbangan DHI 574 yang beredar di internet. Dalam rekaman yang berasal dari kotak hitam (Black Box) pesawat, terdengar pesawat mengalami kerusakan sistem navigasi pesawat.
Isi rekaman percakapan di dalam kabin, diselingi percakapan antara petugas lalu lintas udara atau Air Traffic Controller (ATC) dengan awak pesawat Trigana Air. Berikut ini teks percakapan kedua awak kabin AdamAir, berdasarkan rekaman yang terdapat di link diatas.
Suara latar di kabin DHI 574: Ini___
ATC: Trigana 161, the surface conditions, wind 290 degrees 07 knots, current visibility about 2 until 3 kilo mike, request descent?
Suara latar di kabin DHI 574
Pilot AdamAir bicara: _____ headingnya......ini posisinya dia, di sono.... iya 21 mile.
TGN 161: Say again sir?
ATC: Trigana 161, visibility 2 until 3 kilo mike, surface wind 290 degrees 07 knots, runway in use runway 13, confirm ready for approach or make holding waiting for weather improvement?
TGN 161: Affirmative, we are make holding
ATC: Roger, trigana 161, now fly heading... ee... two six zero expect holding on 15 miles mike kilo sierra, radial 310 mike kilo sierra...
Suara latar di kabin AdamAir
Refri:_____, Ujung Pandang.... bos.... Ujung Pandang jelas.
Suara di kabin DHI 574: Aiyyah.... cuaca di mike kilo sierra.
TGN 161 : _____heading 260, 15 miles holding, trigana 161
Suara di kabin DHI 574
Lho, ini DMEnya nih yah...
Iya makanya juga ngaconya di situ.
Nah, ini mike kilo sierra
Yah...
ATC: Adam 574 confirm maintain heading 070 or tracking to DIOLA?
DHI 574: Affirm match 74 maintaining 070...
Voice on DHI 574 cockpit : Bearing 074
Anginnya dah mulai normal lagi
Iyah....
ATC: Syahrizal confirm? (ATC asking for pilot's name)
Selamat tahun baru mas....
DHI 574 : Gatu
Ok dikopi, disampaikan nanti, Insyaallah....
Suara latar di kabin : _____ kok DME mu beda sama DME gambarnya ini
Iya...
Ngaco dia tuh berarti
Dah ngaco dah emang ...dah ngaco
Udah mulai gambar bambu ini
Udah, kita percaya sama ini aja deh...
Hehehe... iyalah....
_____ cewe-cewe
Makanya, terlalu jauh banget
Salah lagi ini dia....
Iya nih
Coba.. tolong confirm posisi aja, confirm on radial sekian.. 124 DME gitu
(on the background, FO calling ATC)
ATC : Go ahead __:___
DHI 574: Roger... Adam 574 position is 125 miles mike kilo sierra, crossing radial 307 mike kilo sierra
Suara latar di kabin : Ok... that's confirm... that's confirm
Affirm
Iya kan.. ngaco
Ngaco FIDSnya udah _____, FMSnya?
FMS telah mengacaukan dirinya sendiri... Uedann opo...
Oi terbangnya melalangbuana eh....
TGN 161: trigana 161, maintain visibility now
ATC: standby one
Suara latar di kabin : ini aja Capt yah
Coba ini.. apa.. ee.. gw pake ini aja deh untuk navnya, pake _____ audio altitude
Yes
Yah ini aja
TGN 161: Trigana 161 request visibility now?
ATC : Standby one
TGN 161 : Standby
Suara latar di kabin : Masuk ke?.
Fail aja
Fail?
Yah, fault aja nih
Entar attitude (or) altitude aja nih
Ada semua _____ cable? (probably AM/Air Mechanic try to repair something on cockpit)
Attitude (or) altitude? nggak..
Yang laen...
ATC: Trigana 161 the visibility 2 until 3 kilo mike and runway change, 290 degrees 08 knots
Suara latar di kabin :
Kalo angin dan headingnya saja, masukin ini ...
TGN 161 : copied, Trigana 161
Suara latar di kabin : ____ SELCAL dan altitude
Masukin ini
Heading berapa nih Capt? (FO asking)
0... 074 yah (captain)
Iya
Masukin ini ke atas
TGN 161 : Trigana 161, request ILS... visual at runway 13
ATC : Trigana 161, ee.. roger make left turn now heading on zero zero one descent two thousand feet, clear ILS approach runway 13
Suara latar di kabin : Ini capt?
Taro NAV lagi....
TGN 161: Trigana 161, ....descent to two thousand confirm?
ATC: Affirm
Suara latar di kabin : Taro NAV lagi, taro NAV lagi....
TGN 161 : descent to two thousand, trigana 161
Suara latar di kabin : Yes?
Taro NAV lagi (ada suara peringatan atau alarm dari dalam kabin)
Taro NAV lagi
NAV!...... ok Capt?
Jangan dibelokin nih... kita _____
Captain, captain, captain...
(Suara peringatan kembali berbunyi dan keras)
Aduh Capt. Capt, Capt .... (suara Yoga panik)
Yah, yah... (suara Yoga terdengar pasrah)
Allahuakbar....... Allahuakbar......... Allahuakbar??.. Allahuakbar........
DHI 574: Mayday.....
Voice on DHI 574 cockpit: Argh...
Allahuakbar....
DHI 574: Mayday? mayday?!!!
Voice on DHI 574 cockpit: Allahuakbar....
Allahuakbar....
(Suara keras seperti memasuki perairan)
Argh...
Allahuakbar....
Setelah itu suara komunikasi terputus.
Beberapa istilah yang digunakan dalam rekaman percakapan,
DHI: Kode untuk Adam Air,
TGN: Kode untuk Trigana Air
Mike kilo sierra (MKS): Alat bantu navigasi (VOR) di Ujung Pandang
ATC: Air Traffic Controller. Dalam percakapan ini adalah suara dari Ujung Pandang Approach (UPG APP).
DME: Distance Measuring Equipmen. Yakni berupa alat bantu penentu jarak ke stasiun tertentu.
DIOLA: Koordinat pada titik tertentu di bumi (used for navigation).
FO: First Officer atau Copilot.
FMS: Flight Management System. Yakni komputer di cockpit yang berfungsi mengatur penerbangan dari pesawat.
*terlepas dari hoax atau tidaknya rekaman tersebut, yang pasti pas denger tadi pagi takbirnya itu memilukan banget.
sumber dari sinih
Apakah rekaman itu benar2 adanya, ukh? Ko ane masih sangsi, ya.
BalasHapustadi pagi nonton berita di TV7, ada komentar dari pakar penerbangan bahwa rekaman percakapan tsb palsu. Karena rekaman pembicaraan dari sebuah black box ga bisa serta merta di perdengarkan krn hrs melalui tahapan coding dulu.
BalasHapusga tau juga yahh..
BalasHapusitukan awalannya beredar di internet..
blum ada kepastian asli atau palsunya
yahh namanya teknologi jaman sekarang yang namanya bocor sih bisa aja akh..
BalasHapusbisa aja kan setelah tahapan coding rekamannya bocor..
yg paling bijaksana sih.. konfirmasi dr pihak berenang, mis. KNKT
lagian sampai sekarang blackbox itu selalu dirahasiakan padahal itu kan hak keluarga korban untuk mendapat kejelasan
Belum dengar rekamannya...
BalasHapusTeksnya agak membingungkan untuk orang awam seperti saya...
Yoga itu copiloynya ya?
Apapun yang terjadi, benar tidaknya rekaman itu. Kita harus bersiap-siap karena kematian akan menjemput kita bagaimanapun caranya dan kita tidak tahu kapan datang. Siapkan bekal. Semoga kita termasuk orang yang beruntung. Amin.
BalasHapusdenger juga rekaman black box-nya diberita tadi pagi
BalasHapusdenger takbirannya..hik..hik
sudah sayah confirm ke ketua KNKT sendiri, kemarin sore... beliau bilang: ada kemiripan tapi tidak bisa bilang itu autentik.. *pak wenas.. maafterpaksa saya tulist statement bapak di mp teman2.."
BalasHapusdownload aja Bun rekaman yg diatas..
BalasHapusiya banyak kode2 navigasinya
benar co-pilotnya alm. bapak Yoga Susanto
Amin..
BalasHapusSepakat..
itu point utamanya
iya Desi juga denger tadi pagi di nuansa pagi..
BalasHapusdenger takbirnya.. air mata ga bisa berhenti keluar kak
bahwasanya kematian itu begitu dekat
makasih ya mba Ari sudah mau berbagi
BalasHapusngga tega ngedengernya Des..
BalasHapusiya mba..
BalasHapustp coba kuat2in deh mba.. untuk dzikrul maut juga
Emang saat ngucap takbir nya gimana? Duh blm dnger nih
BalasHapuspanik.. pasrah.. pokoknya.. denger sendiri aja deh
BalasHapusSiap bos!
BalasHapusga bisa di donlot di radhispare
BalasHapusError
The uploader has removed this file from the serve
iya udah diapus kali Di...
BalasHapustuh linknya Desi ganti jd tempatnya pak ARS
gw bs kirim via email klo mau, waktu nonton di tipi sih kata istri dr pilot (co-pilot yah?) katanya bener suara suaminya tuh... kebayang ga sih gmn perasaan keluarganya waktu denger suara detik2 terakhir merenggut suami atau ayah dr keluarganya ... gw sendiri ga sanggup ngebayanginnya.... mudah2an jd renungan kita semua....
BalasHapusiya, memang bikin sedih..
BalasHapustp aku bilang sih.. itu malah kenangan yg mahal lohh
Amin.. moga jd renungan n pembelajaran bagi kita semua
Yup udah donlot di youTube..
BalasHapusiya deh :)
BalasHapusDunlut d youtube nya jg, di inbox yutube nya ars.. apadong2 jg kok :D
BalasHapushalaaah banyak amat sih :P
BalasHapus