Kamis, 27 Maret 2008

Bedah Buku Catatan Hati Seorang Istri

Start:     Mar 30, '08 08:30a
Location:     Masjid Al Banna, PT. Holcim, Cileungsi
Pasti tahu dong, Buku Catatan Hati Seorang Istri? Konon buku ini paling laris untuk kategori nonfiksi tahun kemarin. Konon juga, buku ini punya pengaruh yang luar biasa dalam mendobrak ”fenomena tabu” dalam sebuah rumah tangga.

Kisah-kisah mengenai perselingkuhan, pengkhianatan, diungkapkan secara mengalir oleh penulisnya melalui kisah-kisah nyata. ”Sadis banget,” komentar seorang teman yang telah membacanya hingga tuntas. Lalu apa tanggapan para lelaki mengenai buku ini? Juga bagaimana kisah-kisah dalam buku ini dari sudut pandang psikologis?

Penasaran?
Ikuti saja diskusi serunya pada Hari Ahad, Tanggal 30 Maret 2008, jam 9.00-12.00 di Masjid Al-Banna, PT. Holcim, Cileungsi. Pak Hepi Andi dan Bu Rahmi Dahnan (Psikolog UI) akan bertemu muka di sana dan akan mengajak kita berpikir lebih dalam mengenai kisah-kisah di buku fenomenal tersebut.

Acara ini juga akan diikuti oleh Launching dan pendaftaran anggota baru FLP Kab. Bogor, loh. Mbak Lusiana dari FLP Pusat bersedia untuk datang dan memberikan sambutannya. Teman-teman dari FLP wilayah Jakarta, Depok, Bekasi, Ciputat silakan untuk datang.

Penyelenggara,
FLP Kab. Bogor dan LSM Pelangi (Persatuan Langkah Wanita)
FLP Kab. Bogor meliputi wilayah: Cibinong, Gunung Putri, Klapa Nunggal, Cileungsi, Wanaherang, Jonggol, Cikeas, Bojongkulur, Ciawi, dll.

Erma Yulihastin
Ketua FLP Kab. Bogor
www.flpbogor.multiply.com
www.yulihastin.blogspot.com

3 komentar:

  1. Fakta Psikologis--> "Catatan Hati Seorang Istri"

    Alhamdulillah, Diskusi Buku "Catatan Hati Seorang Istri" terlaksana dan
    terbilang sukses. Setidaknya, dilihat dari target 300 peserta, rasanya tercapai.

    Ada beberapa fakta mengejutkan dari data psikologis yang diungkapkan Bu Rahmi Dahnan (Psikolog dari Yayasan Kita dan Buah Hati). Ini menurut pemahaman saya sebagai moderator diskusi.

    Survei (yang kata beliau kecil2an dan tidak mewakili statistik) membuktikan:

    1. Para suami dg umur pernikahan kurang dari lima tahun menjawab "ya, siap" ketika ditanyakan kepada mereka mengenai poligami.
    2. Para suami dg umur pernikahan lebih dari sepuluh tahun menjawab,
    "pikir-pikir dulu."
    3. Pria secara psikologis adalah "makhluk poligami" sementara perempuan adalah "makhluk monoandri."

    Sementara, dari Pak Hepi Andi, yang mewakili suara kaum bapak, ketika saya
    tanyakan kepadanya apakah alasan utama lelaki memilih wanita yang dinikahinya karena kecantikan, dan apakah juga latar-belakang utama seorang pria ingin menikah lagi (poligami) adalah juga karena kecantikan? maka jawaban dari beliau meski disampaikan secara diplomatis adalah "ya." Beliau menyitir hadits yang berbunyi "wanita dinikahi karena empat perkara".

    Juga beliau mengibaratkan kalau kita memilih buah, tentu ingin buah yang
    segar, mulus, cerah, menggairahkan. Padahal yang kita makan adalah isinya, bukan bagian luarnya. Untuk bagian ini, saya agak lupa apakah disampaikan oleh Pak Hepi Andi atau Bu Rahmi Dahnan.

    Satu lagi, kata Pak Hepi, sebenarnya yang lebih cocok membaca buku ini adalah para suami. Karena buku ini menyuarakan jerit hati para istri yang harus
    didengar oleh para suami.

    Secara umum, menurut saya, buku ini adalah luar biasa. Mengungkap prahara
    sebuah rumah-tangga (yang karena alasan aib) selama ini tak banyak orang yang mengungkapnya. Lucunya, dari beberapa kisah yang dimuat di buku tersebut, prahara itu terjadi di rumah tangga muslim, yang selama ini tampak ideal dari luar. Di mana para kepala rumah-tangganya adalah orang-orang shaleh yang rajin baca Al-ma'tsurat. Apakah kita akan berkata, lo, semua orang kan bisa 'khilaf'?
    Entahlah.

    Salam,
    Erma Y.

    BalasHapus